Terbatas 2

“Kenapa kita tidak bisa melihat Tuhan? Padahal Ia katanya Maha Besar dan sebenarnya sangat dekat?”

“Kamu tidak bisa melihatnya?”

“Tidak”

“Jadi karena kamu tidak bisa melihat Tuhan, kamu tidak percaya Tuhan ada?”

“Aku bisa merasakannya. Tapi aku ingin melihatnya, agar lebih yakin. Terutama ketika doa-doaku ternyata tak didengarkannya… aku merasa sendirian”

“Tuhan selalu mendengarkan. Bukankah kau juga tahu kalau Ia Maha Mendengar? Bahkan Tuhan mendengar setiap bisikan hati”

“Kalau begitu kenapa? Kenapa aku tidak bisa melihat-Nya?”

“Karena kita terbatas. Pengelihatan manusia terbatas. Kita tak bisa melihat orang lain di balik tembok. Tak bisa melihat orang yang sedang chatting dengan kita di dunia maya tanpa bantuan kamera yang terinstall di laptop. Kita bisa melihat matahari, tapi hanya sebatas lingkaran berdiameter tak lebih dari 3 cm, kecuali kalau menggunakan bantuan teleskop dengan resolusi tinggi. Padahal matahari itu besar. Tapi masih jauh lebih besar bintang lain di galaksi tetangga kita, tapi mata kita tak bisa melihatnya. Menurutmu kenapa?”

“Karena pengelihatan kita terbatas, dan alam sangat besar dan luas”

“Nah. Kalau begitu, kenapa kita tidak bisa melihat Tuhan?”

“Karena kita terbatas, sedangkan Tuhan lebih besar dari segala apapun yang ada di dunia”

“Yap. Sini coba… mendekat, kamu masih bisa melihatku?” Ia berjalan satu meter ke arahku, ada jarak sekitar satu meter lagi di antara kami. “Ya… aku masih bisa melihatmu,” jawabnya mantap.

“Kalau sekarang?” aku berjalan mendekat dan langsung memeluknya erat, kepalanya terbenam di dalam rengkuhanku.

“Kamu terlalu dekat, aku tak bisa melihatmu,” ia balas memelukku, “tapi aku bisa merasakan kehangatanmu…” bahunya mulai berguncang, aku mengeratkan pelukanku dan mulai membelai lembut kepalanya yang terbalut jilbab.

“Seringkali kita tak bisa melihat sesuatu, justru karena ia terlalu dekat…”

Tinggalkan Balasan

