Laptop (1)

Pada satu sisi, manusia itu seperti laptop atau computer yang kita miliki. Mirip, mirip sekali menurut saya. Otak manusia itu seperti processor, yang tugasnya mengolah data. Untuk menyimpan data dalam waktu yang lama, data akan masuk ke memory hardisk. Ketika kita butuh data itu lagi di satu waktu, kita bisa memanggilnya lagi dari dalam harddisk. Pada manusia kita kenal istilah long term memory, ingatan tentang masa kecil kita misalnya. Sedangkan untuk short term memory, seperti misalnya hafalan kita saat ujian jaman kapan tahun dulu itu kita ingat dengan sangat tapi sekarang sudah menguap entah kemana :p, itu sama saja dengan RAM yang memproses data hanya untuk waktu-waktu tertentu. Ya ampun, pantas saya seringkali lupa dengan mudahnya. Rupanya selama ini saya lupa menyimpan data-data ingatan saya ke dalam ‘hardisk’ -____-.

Manusia mirip sekali dengan laptop. Mirip, mirip sekali menurut saya. Haha, ya iya atuh.. da pada awalnya PC (personal computer) dibuat itu maksudnya meniru otak manusia yang super duper keren, ciptaan Allah SWT yang Maha Keren ini :D. Ya iya atuh, pasti mirip.  Sampai karakter ‘sakit’-nya pun mirip. Oh ya, perkenalkan, ini Zy, laptop saya yang saya beli di BEC (Bandung Electronic Centre) kira-kira akhir tahun 2008 yang lalu.

Sejak akhir Desember 2010 kemarin, Zy mulai menunjukkan tanda-tanda ketidakwajaran. Sakit. Dia mati sendiri tanpa ada layar yang muncul berupa pemberitahuan akan mati, seperti saat baterai butuh di-charge. Tiba-tiba saja semua program yang saya buka tertutup sendiri, satu persatu, dan ‘pet’, Zy mati. Awalnya saya kira karena kepanasan akibat kipasnya gak hidup, saya diamkan seharian, supaya Zy istirahat. Kelamaan dipakai nonton dorama kali ya? Hehe, saya positive thinking saja, mungkin ini tandanya Allah sedang mengingatkan saya untuk tidak nonton berlebihan :p. Nonton boleh, tapi kalau berlebihan, bisa jadi temennya setan. Wah, gak mau lah. Baiklah, saya tobat ya Allah :).

Dengan keyakinan bahwa si Zy sudah cukup dingin, besoknya, saya coba nyalakan lagi. Tapi syndrome itu datang lagi. Bahkan dia mati tanpa butuh waktu lama, kurang dari semenit setelah saya nyalakan. Wah, kenapa ini? Awal tahun nanti, di Sendai, akan ada pekan sale, yang namanya hatsuuri. Toko-toko banting harga termasuk toko elektronik, seperti Yodobashi dan Labi. Saya gak mau sampai harus beli laptop baru di Jepang ini saat hatsuuri -____-. Meski teman-teman mengompori, ‘Jeng, ada salam dari Labi dan Yodobashi :D’, saya tetap keukeuh untuk tetap setia pada Zy. Sebenarnya lebih ke pertimbangan ‘uang’ sih :p.

Ok, harus dicek satu persatu ini, kenapa si Zy bisa sakit begini, pikir saya. Karena gak ngerti banyak tentang per-komputeran, saya minta tolong Dian, mahasiswa IT yang kuliah di Tohoku juga. Saya bilang pada dia, sepertinya kipasnya mati, maka Dian mengecek apakah benar si kipas mati dengan menjalankan satu program simulasi yang membuat processor bekerja keras (jadi ingat romusha :p). Saat overheating karena bekerja begitu keras dan kipas benar mati, maka Zy akan shutdown sendiri untuk menjaga agar processornya gak terbakar. Ternyata gak ada masalah dengan kipasnya, Zy tetap nyala begitu simulasinya dijalankan. Dian bilang, gak ada program yang aneh juga di laptop saya, dia menyerah.

Setelah itu, saya diamkan Zy, digunakan hanya sesekali saat sangat butuh. Itupun hanya beberapa menit, beberapa jam pernah, saat dia ‘baik hati’. Hatsuuri pun datang dan pergi lagi, saya yakin Zy bisa diperbaiki di Bandung saja, maka saya menolak ‘salam’ dari mereka :p.

Bulan Januari akhir, Zy makin menjadi. Gak hanya mati sendiri, dia bisa nyala sendiri juga. Hebat sekali kan, laptop saya ini, subhanallah. Mana ada coba laptop sekeren ini, sayang kalau diganti -____-. Saya gak tahan juga, coba mencari-cari solusi di internet, mbah Google-lah tempat bertanya (bukan mbah dukun :p), dan ia berikan saya banyak sekali pilihan jawaban. Wah, complicated sekali ternyata. Bisa banyak sebabnya PC mati dan nyala sendiri. Salah satunya benar, karena overheating. Lainnya bisa karena adanya virus yang masuk dan merubah Operation System (OS). Mencurigai virus, sudah sering saya coba untuk men-scan Zy dengan Avira yang ada, tapi selalu berhenti di tengah jalan, karena Zy mati lagi. Seorang teman menyarankan untuk mencoba Kapersky Internet Security 2011. Tapi, mungkin aja ada virus yang gak terdeteksi semakin pintar si virus itu. Wah, gak 100% akurat atuh ya. Tapi gak apa, di coba dulu.

Maka daya download dari internet, scan, dan menemukan adanya Adware dalam system. Smartshopper, namanya. Lainnya, Spyware, Malware, termasuk virus, gak terdeteksi. Smartshopper bukan virus. Ia semacam aplikasi yang bisa mengandung virus dan bisa masuk ke dalam serta merubah system. Saya pikir, mungkin karena ini si Zy mati nyala sendiri. Karena itulah saya segera ambil langkah untuk mencari tahu bagaimana cara menghapus si Smarshopper. Berkat mbah Google (apa sih yang si mbah gak tahu -____-), saya menemukan cara untuk menghapus semua file, folder yang terdeteksi sebagai Smartshopper, bahkan sampai ke dalam registry editor (regedit) nya. Ok, sudah. Kita lihat, reaksinya. Harapan saya, masalah ini sudah selesai, tapi realita menjawab lain, Zy masih saja mati dan nyala sendiri. Perang belum berakhir!

Sampai di titik ini, saya dapat satu hikmah penting, bahwa ternyata saya jadi belajar tentang computer yang gak mungkin akan saya sentuh-sentuh kalau gak ada masalah sakit-nya Zy ini. Alhamdulillah, Allah memang Maha Baik. Dengan memberi masalah pada manusia, ternyata ini satu jalan untuk menambah ilmu. Saya jadi ingat satu pepatah, ‘kalau digigit lebah, ambil madunya, jangan rusak sarangnya’. Buat saya, pepatah ini jadi berubah, ‘kalau laptop sakit, coba sembuhkan dulu laptopnya – belajar dan belajar supaya tahu kenapa, jangan buru-buru di lem biru – di lempar dan beli yang baru’ :D.

 

dan dari sekian banyak masalah yang menimpa diri kita, Allah sungguh sungguh hanya sangat ingin kita belajar lebih banyak hal..

dengan belajar, kita jadi tahu

dengan tahu, kita tidak lagi ragu

dan jika tak lagi ragu, maka kita akan terus maju

dan melaju

🙂

Iklan

12 Comments

  1. ah…
    jadi pengen tau knp si dechu juga suka bluescreen pas dinyalain pdhl baru beli dan gada masalah sm hardware ataupun softwarenya.

    adware itu masuk drmn jeng? apa krn kita suka nonton dorama online yg suka tiba2 ada pop up windownya itu?

  2. @tiffa: sepertinya salah satunya itu, teh. bisa dari pop-up yang sering muncul tiba2 dan klo sistem proteksi laptop kita lemah mereka bisa aja masuk dan menyerang sistem kita, gitu kata salah satu sumber. saya juga curiganya pas nonton dorama itu ada pop up mengandung adware yg masuk k system sekaligus mengandung virus. tp sampai sekarang,, eem,, still confused -____-

    @pak tatang: hatur nuhun doanya, pak. smg si Zy gak perlu di-lem biru

    semangat perang masih menyala, insyaAllah, meski gak sepanas di Mesir sana :). mari kita doakan juga saudara2 yg ada d Mesir, dberi yang solusi yang terbaik. aamiin ya Allah.

  3. tampakny processor-ny yang kena. tinggal tunggu zy menyala, tapi tanpa ada respon d layar (kalo manusia, udah koma).
    ku pikir, beli saja penerus zy. tentuny, zy akan senang bila dia punya generasi penerus yang akan membuat temanny yang paling setia (diah ajeng S) akan terbantu segala urusannya. cepat atau lambat, sedih atau tidak, zy pasti pergi. pertanyaannya, mampu kah kita mengikhlaskannya? 🙂

  4. Berkat mbah Google (apa sih yang si mbah gak tahu -____-)

    si Mbah ngga tau kapan kiamat..

    hmm.. kangen juga nih sama Zy.. *terakhir nonton Taare Zameen Par* 😀
    rasanya si Lepi-Toshi juga pernah gitu deh, sempet bluescreen juga.. pas dicek ke BEC katanya virus udah masuk ke sistem *saya awam banget kalo udah soal beginian*
    akhirnya merelakan si Lepi-Toshi dirawat inap di BEC, diformat ulang.. alhamdulillah sekarang sudah bisa belajar&main2 lagi.. =)

  5. @yudha: wah, jgn sampai koma -_____-
    klo emang udah waktunya, mau gak mau harus ikhlas ^^
    tp ini lagi backup data, siapa tahu bisa di-re-install lagi aja

    @qisthi: haha, iya lah,, mama lauren aja gak tahu kapan kiamat :p
    dformat ulang bayar berapa, qis?
    yo, nanti nonton bareng lagi ya ^^
    ajak si Lepi-toshi juga, kita kenalan, hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s