Perlombaan di Awal Tahun!

Yak, siapkan selembar kertas dan alat tulis.

Sudah siap? Ok, 2 menit dari sekarang tuliskan sebanyak-banyaknya: nama lengkap anda di selembar kertas tadi. Mulai!

Tet tot! Waktunya habis. Nah, berapa jumlah nama yg bisa anda tulis dalam waktu dua menit tadi? Ada yang berhasil menulis lebih dari 10?

Waaah, banyak ya ^^.

Yang menulis 15 nama? ?

Bagus ^^d

Yang lebih dari 25 ??? Wah, keren pisan kalau ada yang bisa (dengan syarat gak copy-paste karena ngetik di komputer :D)

Ok, gampang kan? Dapat banyak ya ^^.

Sekarang, angkat tangan anda yg memegang alat tulis. Sudah? Lalu pindahkan alat tulis itu ke tangan anda yg satu lagi. Yak, sekarang tulis lagi nama lengkap anda dalam waktu 2 menit!

Stop! Waktunya habis!

Bagaimana? Dapat sebanyak tadi kah? Yang dapat lebih dari 10? Yang lebih dari 15? Eh, masih ada yg bisa nulis 25??? mantap ^^d

Menulis,  satu kebiasaan kecil dalam kehidupan kita sehari-hari. Kenapa kebiasaan? Ada yang begitu lahir langsung bisa menulis? Hehe, pastinya gak mungkin kan ^^. Kita kenal pensil dan kertas mungkin saat kita duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK). Awalnya, pegang pensil saja salah. Semakin sering pegang, lama-lama tangan kita mulai lincah mencoret-coret di atas kertas (entah menulis apa :p). Sekarang, lihat, setelah terbiasa menulis, tulisan kita indah, bukan? Tapi bandingkan dengan tulisan yang satu lagi (nah, pada senyum-senyum sendiri kan?^^).

Mengubah kebiasaan menulis sama seperti ketika kita mengubah kebiasaan yg lainnya. Awalnya tidak biasa dan hasilnya tidak sebagus biasanya, tetapi bisa dilakukan. Lebih susah, tetapi bisa ^^.

Sama seperti ketika kita ingin berubah (bukan ‘berubah’nya ksatria baja hitam lho ya). Awalnya berat dan tidak percaya diri bahwa kita bisa melakukannya. Tapi setelah dicoba, ternyata bisa ^^.

Seperti halnya hidup, setiap manusia diberitahu pilihan-pilihan (jalan yg baik dan jalan yg buruk).

“demi jiwa serta penyempurna (ciptaan)nya. maka Dia (Allah) mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya” (QS. Asy Syams:7-8)

Itu artinya, setiap manusia diberi Allah SWT kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik. Karena pada dasarnya, Allah SWT sangat sayang hamba-hamba-Nya dan Menghendaki kebaikan buat kita. Dan apa yg terjadi pada diri kita saat ini adalah konsekuensi dari pilihan kita. Bukan karena Allah tidak sayang pada kita, sehingga ada orang-orang ‘bernasib’ buruk (gagal masuk PTN, tidak lulus UN, bahkan menjadi seorang perampok, penjudi, atau mungkin, maaf, pelacur). Itu semua konsekuensi dari apa yg kita pilih. Sepenuhnya karena salah kita (dalam memilih). Atau mungkin ada yang masih punya kebiasaan buruk yg sebenarnya tidak baik buat kita (menunda waktu sholat, buang sampah sembarangan, merokok, makan/minum yang dilarang Allah, dll) dan akhirnya kita menyesal karena baru sadar saat ‘kena batu’-nya di ‘belakang’.

“Dan apapun musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, ….”. (QS. Asy-Syuaraa : 30)

Ketika sekarang kita ingin berubah jadi orang yg lebih baik, mungkin itu terlihat sulit, tetapi bisa! (sudah kita coba sendiri tadi pas lomba, kan ^^). Meskipun awalnya sulit, meskipun mungkin terasa aneh dan gak nyaman, kita bisa berubah hanya dengan satu syarat: adanya niat dalam hati kita. Diawali dengan niat, dilanjutkan dengan memulai kebiasaan baru itu, sedikit demi sedikit.

Bukankah satu garis bermula dari satu titik? Tak akan ada rumah yang besar, kalau tidak dimulai dari satu batu bata kecil. Tak akan ada perubahan, kalau niat tidak segera direalisasikan.

Perubahan itu bisa jadi sangat ‘tidak enak’ rasanya bagi kita. Tapi mungkin itulah yg terbaik menurut Allah SWT, yg Menciptakan kita, manusia ^^. Wallahualam.

Selamat Tahun Baru Hijriyah (1432 H)

Semoga hari ini lebih baik dari kemarin. InsyaAllah, kita berubah ke arah kebaikan sama-sama, bismillah.

Salam Hijrah ^^v

Iklan

4 Comments

  1. nah bener2 apa yg ditulis gan,memang susah merubah kebiasaan kita yang buruk apalagi kita sudah bertahun2 melakukannya, tetapi asal ada niat pasti yang diatas akan membuka jalan….salam 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s