“Saya ingin berhenti merokok, meskipun sulit”

Hampir semua orang sepertinya pernah melihat iklan di televisi tentang rokok. Meskipun tak pernah ada iklan rokok yang benar-benar terang-terangan memperlihatkan seorang perokok yg sedang menghisap sebatang rokoknya sampai habis dan mati (mati rokoknya atau bahkan mati perokoknya karena merokok :D). Iklan rokok, bisa dibilang, sangat kreatif mengemas ‘jualan’nya yg ‘mematikan’ itu menjadi sesuatu yg membuat setiap perokok akan merasa ‘tangguh’, ‘macho’, ‘pemberani’, ‘rileks’, ‘kreatif’, ‘bikin hidup lebih hidup’ dan lain-lain hanya dengan merokok. Padahal kenyataannya sebaliknya.

anda tak akan merasa macho lagi melihat ini bukan? 🙂

Beberapa saat sesudah iklan berakhir, hanya sekejap mata, sekelebat peringatan akan bahaya rokok ( Merokok dapat menyebabkan kanker, gangguan jantung dan impotensi, kehamilan, janin ) muncul tiba-tiba di layar televisi kita. Efektifkah pesan kesehatan yang tidak sampai sedetik itu menghentikan kebiasaan merokok para pecandu rokok? Kalau saya bilang, usaha semacam itu “sangat tidak efektif”

Karena meskipun tahu, kalau tanpa kesadaran penuh untuk berhenti merokok, semua usaha itu jadi sia-sia. Bahkan seorang dokter ahli penyakit dalam yang perokok, pasti sangat tahu tentang bahaya merokok, belum tentu gampang untuk berhenti merokok.

Saya, belum pernah merokok, alhamdulillah. Tapi saya punya seorang bapak yang perokok, dulu. Sedikit demi sedikit, bapak mengurangi jumlah rokok yang dihisapnya. Mungkin itu juga karena sikap saya yang sangat tidak senang ketika bapak merokok di dalam rumah. “aaarrgh, bauu! aku keracunan! aku sesak nafas! sepertinya aku akan mati, sebentar lagi!” waktu kecil, saya suka berteriak-teriak sendiri seperti itu, sambil mengibas-ibaskan tangan, menghalau asap rokok bapak yg mendekat ke arah saya. Mungkin itu, yg menyebabkan bapak akhirnya sadar untuk mengurangi kebiasaan merokoknya, paling tidak dengan mulai menjauh dari kami, anak-anaknya, kalau merokok. Yah, bapak sayang dengan kami, anak-anaknya, tidak ingin ‘membunuh’ anak-anaknya dengan asap rokoknya.

Ternyata syarat utama dan pertama untuk berhenti merokok adalah: rasa sayang. Orang yang anda sayangi adalah orang yang selalu ingin anda jaga. Anda ingin selalu berada di dekatnya, dan ingin yang terbaik bagi mereka. Mungkin mereka adalah istri, anak, orang tua, atau teman-teman terdekat anda. Ketika merokok di dekat mereka, itu seperti ‘membunuh secara perlahan’ orang-orang yang anda sayangi dan menyayangi anda. Menyedihkan bukan?

Karena itu, ketika ingin merokok, pergilah jauh-jauh! Ke tempat dimana anda bisa sendirian, jauh dari orang-orang yang disayangi. Pemerintah memang telah menetapkan larangan merokok di tempat umum. Kalau kata saya, merokoklah di tempat yang tidak ada orang lain. Tempat dimana anda sendiri atau bersama perokok lain yang bisa menghirup udara beracun itu :p. Karena dibalik kebebasan anda menghisap asap rokok, ada hak orang lain untuk menghirup udara segar dan sehat. ‘Lebih baik mati sendirian, dari pada membunuh orang yang disayangi’. Begitukah?

merokok di tempat umum = bunuh diri massal
merokok di rumah (ada istri, anak, ortu) = bunuh diri dan keluarga

Menjauhi orang lain untuk merokok mungkin bisa jadi salah satu bukti rasa sayang anda. Tapi tahukah bahwa orang-orang yang anda sayangi itu juga sangat sayang pada anda dan tak ingin anda mati lebih cepat dari pada mereka. Orang-orang itu sayang dengan anda, dan ingin anda hidup lebih lama dengan mereka. Yang mereka harapkan, karena mereka sangat meyayangi anda, adalah anda berhenti merokok. Itu saja.

Pernahkah suatu ketika terbersit keinginan teman-teman yang perokok untuk berhenti merokok? Mungkin ada yang menjawab, “sebenarnya aku ingin berhenti merokok, tapi sulit”. Nah, kata tapi itu pasti mucul lagi kan ^^. Cobalah untuk mengganti kalimatnya seperti ini: “aku ingin berhenti merokok, meskipun sulit.” Jadi terasa lebih mudah untuk ‘melangkah’ kan? ^^

Selalu ada jalan menuju roma. Selalu ada jalan untuk berhenti merokok. Salah satunya dengan metode EFT. Untuk yang ingin tahu, coba klik link berikut ini: http://www.eftindonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=9&artid=49.

Sayangilah diri anda sendiri, keluarga, dan teman-teman terdekat anda dengan berhenti merokok ^^. Semoga berhasil ^^.

ready to stop?
Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s