37degree = kita semua istimewa

Pada dasarnya, manusia belajar banyak hal dari alam. Kenapa apel jatuh dari pohonnya (sampai Isaac Newton akhirnya menemukan teori Gravitasi), mengapa dunia berputar (sampai Sherina menyanyikan lagunya.. hehehe), dan masih banyak lagi. Pertanyaan2 itu juga sering muncul di kepalaku, bisa dibilang, rasa ingin tahuku cukup tinggi. Aku menyadari bahwa banyak hal indah di dunia, banyak hal menarik dan mengherankan. Dan beberapa pertanyaan itu akan terjawab ketika aku belajar fisika.

Karena rasa penasaranku yg tinggi, aku tidak terlalu bermasalah dengan hitung2an. Fisika membawaku pada dunia penuh matematis. Aku senang ketika ada soal-soal yang kuanggap rumit, ternyata bisa kuselesaikan. Apalagi, dulu guru fisika sekolahku memang suka memberi tantangan pada kami. “Lima orang pertama yg sudah selesai dan benar mendapat tanda tangan emas, sepuluh sesudahnya perak, sisanya tanda tangan biasa!” kata beliau di depan kelas. Kami benar2 tertantang! Suasana kelas selalu ramai kalau pelajaran fisika. Bahkan sudah seperti lomba lari saja. Begitu soal didiktekan, kami segera terpaku, serius mendengarkan dan sibuk mencatat sambil mengingat-ingat rumus yg mungkin digunakan. Setelah selesai, tangan kami sibuk mencorat-coret buku kami dan mengetik angka di kalkulator. Dapat! Perburuan tandatangan pun dimulai. Satu persatu kami berlarian, seringkali tak memperhatikan meja kursi yg ada di depan, Dan, brukkk! gubrakkk!!! Salah seorang temanku jatuh terjungkal, bukunya melayang dan mendarat di lantai kelas. Sementara itu, meja yg ditabrak hanya berguncang-guncang sebentar dan bergeser sedikit. Kami tertegun, sejenak, lantas tertawa bersamaan. Seru ya?!

Perburuan mengejar tandatangan ini benar2 mengasyikkan dan…menggiurkan! Karena tandatangan berarti penambahan nilai! Satu tandatangan emas senilai dgn 10 tandatangan biasa, sedangkan tandatangan perak hanya bernilai 5 tandatangan biasa. Di akhir caturwulan, buku catatan kami akan dikumpulkan dan diakumulasi berapa banyak tandatangan yg kami dapatkan. Semakin banyak tandatangan, semakin tinggi nilai kami bisa di-‘katrol’ ^^.

Dan, coba tebak, siapa salah satu dari penerima tanda tangan terbanyak itu?? ^^ (jgn sebut namanya). Alhamdulillah, Beberapa kali aku pernah ikut seleksi olimpiade fisika, meski gagal tak sampai masuk tim yg akan maju ke tingkat internasional. Setidaknya aku bersyukur diberikan kesempatan menjadi bagian dari mereka yg ‘mencintai’ fisika dan mendapat pengalaman berkunjung ke Bali dua kali dalam hidupku utk berjuang atas nama fisika… hehehe (lebai mode : on).

Begitulah… teman-teman sekelasku terutama, suka sekali menyangkutpautkan fisika dgnku, karena ‘kedeketanku’ yg cukup intens dgn fisika itu (untunglah fisika bukan manusia ya ^^). Suatu ketika, saat jam olahraga, tiba giliranku untuk menembak bola basket ke dalam ring. Dari pinggir lapangan terdengar suara teman-temanku, ramai sekali, berteriak menyemangati sekaligus meledek, “yak, ajeng akan menembak dgn sudut xx derajat, dari jarak xy meter.. berapa gaya yg harus diberikan?”. Waduh, semangat sih, tapi jadi gak konsen.. ada lagi.., “perhitungkan juga kecepatan anginnya!”. Hahaha, dasar mereka, aku jadi geli sendiri X). Untungnya tembakkanku tidak banyak yg meleset. Fiuh.. ^^

Pernah juga ketika aku berjalan masuk ke dalam kelas, dengan agak menunduk, salah seorang teman menegurku, “kamu kalo jalan jangan miring-miring gitu jeng. Yang tegak dong”. “Soalnya sudah ada guru, kan lebih sopan kalo sedikit membungkuk”, jawabku seadanya. Mereka tertawa-tawa, memang ada yg lucu, padahal kupikir biasa aja… “kamu bungkuk2 gitu jalannya jadi miring2 tahu, kemiringannya 37, 45, 53, bahkan 90 derajat!”, ledek mereka asal. Iya gitu??

Yah, aku hanya bisa pasrah kalau mereka meledekku dgn bahasa-bahasa fisika begitu. Kadang-kadang aku malah meladeni saja dan ikut2an meledek mereka dgn bahasa-bahasa fisika kalau ada momen yg tepat. Sampai akhirnya aku terinspirasi utk menjadikan ledekan mereka itu nama account email yahoo-ku. Justru mereka yg bingung dan bertanya-tanya, “nama email kok susah banget… emang kenapa pake nama itu?”. Kujawab saja, “kalian kok yg menginspirasiku, masa gak ingat?”. Aku tersenyum saja melihat mereka kebingungan ^^.

Begitulah, setelah email, 37degree kugunakan juga utk berbagai accountku :

Email : alfa_37degree@yahoo.com

FS : alfa_37degree@yaho.com

Blog : https://37degree.wordpress.com

Makna filosofisnya apa? Kalau dipikir-pikir, gak ada maknanya. Ketika pertama membuat aku tidak memikirkan makna apapun utk nama accountku. Alfa adalah alphabet pertama dalam bahasa yunani, sama seperti ‘a’ yang merupakan hurup awal nama panggilanku. Sedangkan 37degree, ya karena tadi itu ^^. “Apalah arti sebuah nama?” kata Shakespeare. Tapi nama adalah doa, bagi setiap kita yg mengaku muslim. Sebagaimana setiap kalimat yg keluar dari mulut kita akan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Jadi mungkin klo dipaksakan (karena baru dibuat setelah sekian tahun gak bermakna ^^), 37degree makna filosofisnya adalah : Allah menciptakan setiap manusia istimewa (unik) dgn kelebihan dan kekurangan masing2… dan itu harus disyukuri karena apapun yg Allah berikan adalah yg terbaik dan sempurna. Tidak ada yg sia-sia! Kau, Aku, Kita semua istimewa….

NB : 37° = salah satu sudut istimewa, sin 37° = cos 53° = 0.6

Iklan

6 Comments

  1. o ternyata di mataram ada jg sekolah ky gt ya 😀

    btw, lombok dapet tambahan satu sarjana lagi, bagus2…

    jgn lupa bangun desa.

    tugas pertama : beresin cidomo biar g ngotori lingkungan 😀

  2. halo jeng
    rupanya maniak fisika nih ya, baru tau 🙂

    yaudah, tak kasi soal nih ya 😛

    Sebuah bejana besar yang diletakkan di atas tanah berisi air setinggi 6 meter. Satu meter di atas dasar bejana terdapat kran berdiameter 2 cm. Percepatan gravitasi g = 10 m/s.
    Volume air persatuan waktu yang keluar dari kran adalah?

    hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s