model manusia muslim abad XXI

aku sangat terkesan dengan buku yg ditulis oleh M. Anis Matta ini. buku ini sebenarnya berisi tentang psikologi, pengembangan kepribadian. biasanya buku2 semacam ini lebih sering dibuat oleh orang2 barat, seperti steven covey dgn “seven habits”-nya. yg kemudian langsung populer dan menjadi pedoman banyak orang utk memperbaiki hidup mereka. menurutku, ‘model manusia muslim’ ini sangat layak dibaca. terutama sebagai seorang muslim, buku ini tak hanya sekedar utk pengembangan kepribadian, tapi bagaimana kita bisa menjadi muslim yg baik. muslim yg  memang layak mengemban misi peradaban Islam. yaitu, menjadi rahmatan lil ‘alamin.

salah satu kata-kata beliau yg menarik dalam buku ini adalah :

“sebenarnya yg membuat kita gagal dalam hidup adalah bukan karena faktor otak, tapi faktor emodi dan akal. faktor emosi dan akal inilah yg membuat otak dapat atau tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu, siklus kehidupan spiritual perlu dijaga dengan baik. Hindarilah dosa-dosa karena salah satu efeknya adalah lemahnya ingatan anda dan hilangnya dorongan  untuk belajar.” (hlm 136-137)

wah, tertohok sekali….

ada lagi ternyata, semua orang berpotensi menjadi jenius :

“jika anda lelah membaca buku sejarah setelah satu jam, jangan pergi tidur. tutup buku sejarah itu – anda  hanya baru menutup sel otak sejarah – , kemudian bukalah buku kesenian, sastra atau puisi. itu berarti anda membuka file sel otak baru dalam diri anda yang tadinya tidur, tidak bekerja. Ini menjawab satu pertanyaan besar yang selama ini membingungkan saya bertahun-tahun. mengapa dahulu ulama-ulama dapat menguasai begitu banyak ilmu dalam usia sangat muda? ternyata mudah saja jawabannya: sel otaknya dibuka semuanya! (hlm. 114)

mungkin pembahasaan beliau yang ringan membuat buku ini jadi tambah menarik dan tidak membosankan. penasaran? buktikan sendiri 🙂

Iklan

10 Comments

  1. anis matta ya… hmm… hmm… sejak baca yg menikmati demokrasi, sy jd punya hobi ngoleksi buku2nya… segar dan orisinil. mungkin yg bikin tulisannya segar itu krn dibuat berdasarkan perenungannya yg mendalam atas pengalaman hidupnya, dipadu dengan hobinya melahap banyak sekali buku. tp beliau ga suka asal kutip. jadilah ide2 tulisannya orisinil.

  2. yaa, ngaku nih, salah satu anggota geng lebai ^^
    iya, keren banget yah, kok ada orang secerdas itu
    tapi kadang bahasanya memang melangit banget
    sulit dicerna klo gak serius bacanya
    tapi kadang klo kg mood, masuk2 aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s